Tuesday, April 12, 2016

Oleh-Oleh Kuliner Sepanjang Road Trip Jogja – Malang – Solo 2015

Jadi sebenernya gue Mono Daru baru balik dari liburan ke Johor Bahru – Bali. Tapi yaaa bukan gue yaaa namanya kalo nggak prokrastinasiong. Walhasil masih nyangkut deh satu postingan, yaitu.. tentang mamammmm…

Saat road trip tahun 2015 kemarin, gue nggak ada persiapan sama sekali soal kuliner. Pergi aja kemana angin berhemvus. Makanya paling mati kutu saat ditanya Mono pas waktunya makan, makan apa nih kita? Zoeeenggg..

Alhamdulillah for internet ya Allah. Berkat Foursquare, gue jadi bisa searching list makanan yang ada di sekitar. Nah berbekal kepercayaan pada Allah yang pertama kemudian pada foursquare itulah kami jadi ngerasain berbagai makanan yang endes selama road trip yang sayang kalo ga share di mari. Yuuukk…


1.       Warung Makan Banjar Kindai, Yogyakarta
Kalo yang ini lokasinya deket sama hotel Lokal, Jogjakarta. Sebenernya gue nggak pernah ngerasain yang namanya Soto Banjar. Jadinya perdana nih. Selain Soto Banjar, tempat makan ini juga ada nasi kuning komplit. Harganya murah banget lho. Soto Banjarnya sekitar 12 ribu, begitu juga nasi kuning komplitnya. Tempat ini kalau pagi udah rame banget sama pasukan penyerbu sarapan. Ngga heran karena emang rasa soto banjarnya enak banget, walaupun tampilannya agak aneh karena melibatkan makaroni di kuahnya. Gue pribadi sih lebih suka nasi kuningnya yang super gurih, yang lengkap sama telur pindang, tempe orek, sambel, juaraaaa…


 WARUNG MAKAN KINDAI
Alamat: Jalan Jembatan Merah 116D, Gejayan, Jogjakarta
Telepon: (0274)  8262233




2.       RM Joglo Manis, Ponorogo
Ketemu restoran ini dalam perjalanan dari Jogja ke Malang. Tempatnya dari luar terlihat kecil, tapi ternyata dalemnya luas. Mau duduk di saung atau di meja, bisa banget. Menunya jugavbanyak banget pilihannya. Yang enak banget di sini, bistik jawanya! Dagingnya empuk, sayurannya sedikit manis, dan kuah kentalnyaaaa.. Wajib banget dicoba! Oiya, setelah itu pesen es teler durian buat dessert, dan siap-siap ngebuka satu kancing celana pas pulang (pengalaman pribadi banget, sis?) :D


 RM JOGLO MANIS
Alamat: Jalan Sultan Agung No.52, Ponorogo, Jawa Timur
Telepon:  (0352) 487878



3.       Bakmi Jawa Pak Pele. Jogjakarta
Kalo yang ini udah banyak yang tau ya. Mi Jawa termasyhur yang letaknya di alun-alun Jogjakarta dan ngantrinya bisa bikin laper tambah merajalela, dan tanpa terasa matahari mulai terbit saking lamanya ngantri (lebaaaay).. Begitu dateng, kita udah bakal langsung “diperingatin” sama si masnya, 45 menit ya nunggunya. Ebuset lama amat? Yaudahlah kita pikir nggak bakalan segitunya 45 menit, paling pol setengah jam.. Tempat duduknya bisa pilih mau di dalem tenda atau mau lesehan di pinggiran alun-alun.
Image from Cerita Perut
Karena bawa bocah, tentunya kami pilih di alun-alun. Emang di sana banyak hiburan (alias orang jualan mainan à bokek) sambil nunggu makanan dateng. Daru juga bisa lari-larian.

Bosen lari-larian.. krik krik.. udah setengah jam lebih.. Lapernya udah mau menjelma jadi murkaaaa! Dan akhirnya mie jawanya dateng dalam waktu pas 45 menit! 
Image from Kompas Travel


Terus enak ga? Hmmm.. menurut gue nggak worth the wait. Enak sih tapi nggak segitunya, dan menurut gue mie Jawa seperti Pak Pele sudah banyak kok di Jakarta. Tapi memang sih, kalau mau nyobain mie Jawa otentik, boleh banget kalau mau rela ngantri. Asal jangan pas laper banget kali ya?
 BAKMI JAWA PAK PELE
Alamat: Jalan Pojok Tenggara Alun-Alun Utara , Panembahan , Kraton , Yogyakarta , Daerah Istimewa Yogyakarta



4.       Tahu Campur Cak Uri Kumis
Melanjutkan postingan kuliner gue di Malangtahun 2012 lalu, di roadtrip 2015 gue mencoba tahu campur yang lain, yaitu tahu campur Pak Uri Kumis di daerah Dinoyo, Malang. Tapi karena waktu itu lagi rame banget, gue terpaksa takeaway dan makan di rumah Eyang, dan gak jadi difoto deeeehh. Sayang banget soalnya tahu campur ini emang super enak! Dagingnya banyak dan empuk, kuahnya gurih, bihunnya lembut, sayurnya seger.. Perfeeeekkk.. Seporsinya 10 ribu aja. Kalo pengen nambah berat badan, bisa pesen tambah kikil atau porsi jumbo. N G E C E S…

Image from here
TAHU CAMPUR CAK URI KUMIS
Alamat: Jalan Mt Haryono 114 (Depan Polsek Dinoyo), Malang
                                       


5.       Waroeng Bamboe, Batu
Sebelum berangkat ke Solo, gue dan Mono sempet berhenti dulu untuk makan di tempat ini soalnya direkomen sama banyak orang di Malang, mulai dari driver buat ke Bromo sampe bellboy hotel di Batu. Jadinya kan penasaran! Mungkin sebenernya yang direkomen adalah tempatnya yang semuanya berupa saung  yang di bawahnya ada kolam di mana ikan-ikan gendut berenang bebas. Airnya pun jernih banget. Kalau mau kasih makan bisa beli pakannya di kasir seharga seribu perak ajun! 


Image from Waroeng Bamboe official website
Kalo untuk makanan sih oke lah, rasanya cukup enak untuk standar makanan nyunda, kayak ikan bakar, ayam penyet sama cah kangkung. Tempatnya sih yang cocok banget buat anak kecil. Oya kalo kesana tolong liatin ya di kolam ikannya, kali-kali masih ada mobil-mobilan Daru yang nyemplung! :)) 

WARUNG BAMBU
Alamat: Jl. Raya Selecta, Batu - Malang
Telepon: 0341-590754



6.       Sumber Bestik Pak Darmo, Solo
Bestik alias beef steaknya orang Jowo ini udah tersohor di Solo. Sebenernya sih bestik yang populer bentuknya mirip-mirip steak yang disiram sama saus  manis karena didominasi kecap. Tapi di Sumber Bestik Pak Darmo ini kuahnya melimpah kayak semur gitu. Gue nyobain Bistik Lidah yang ternyata dibungkus sama telur dan dalam kuahnya ada sayuran. Enaaaak! Manis-manis gurih. Porsinya gede banget jadi bisa share berdua. Must tryyyy!



SUMBER BESTIK PAK DARMO
Jalan Dr. Rajiman 209, Surakarta, Jawa Tengah



7.       RM Tengkleng Mbak Diah, Solo
Salah satu makanan Solo yang jadi andalan lainnya, tengkleng! Kalau di Jakarta, tengkleng itu mirip-mrip tongseng ayam, sapi, atau kambing, yaitu kuah kuning bersantan. Tapi kalau di Solo, tengkleng itu memang aslinya harus berisi daging kambing, bukan cuma potongan dagingnya aja lho tapi lengkap pake tulang-tulangnya. Aaaakkk.. Kuahnya gurih banget dan berasa banget kalo udah direbus lama. Selain tengkleng, RM Tengkleng Mbak Diah juga ada sate kambing yang lezat tiada tara. Yang aneh malah tongsengnya, ternyata bentuknya lain dengan tongseng yang kita kenal, yaitu kuah bening! Rasanya pun aneh, kayak tongseng bukan tapi soto juga bukan. Indescribable. Jadi, kalo kesini cukup pesen tengkleng sama satenya aja yes!



RM TENGKLENG MBAK DIAH
Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 420, Jajar, Laweyan, Jawa Tengah



8.       Nasi Liwet Yu Sani, Solo
Nasi Liwet Keprabon yang sekarang udah masuk mall ternyata katanya udah overrated di Solo. The best liwet in town is now from Yu Sani. Tempat makannya tenda dan lesehan. Lauknya telur pindang, ayam, dan yang pasti harus banjir kuah opor labu siam yang ngeri-ngeri sedap. Oiya, Nasi Liwet Yu Sani ini bukanya malam aja dan hampir selalu ngantri, tempatnya juga kurang nyaman buat nunggu karena di pinggir jalan besar. Gosipnya sih, jam 8 ke atas nasi liwetnya suka sudah sold out! Karena itu datengnya harus on time deh kayanya jam ½ 6 biar kebagian..


NASI LIWET YU SANI
Jl. Raya Solo Baru (depan pertokoan)
Telp: 08122975311, 081578485657



9.       Soto Seger Mbok Giyem / Hj Fatimah, Boyolali
Kuliner terakhir yang kami cicipi selama road trip, Soto Seger Mbok Giyem alias Hajah Fatimah. Tadinya namanya pake nama Mbok Giyem kemudian diganti jadi Hj. Fatimah, ya mungkin karena kurang akur kali ya? *jadi gosip*
Btw,  Mimpi apa nih gue si Mono mau makan soto? Dia tuh gak suka banget semua soto kecuali soto kudus. Soto kuning gitu nggak banget buat dia. Tapi karena waktu itu kita udah kelaperan banget karena belum sarapan pas perjalanan pulang (sementara 4sq bersabda ini makanan enak loh nyesel loh gak nyoba), akhirnya dia mau berhenti di sini. Warungnya sih cukup besar tapi RAMENYA itu loh! Penuuuuuuhh dari belakang sampe depan. Duduknya juga harus bareng-bareng pengunjung yang lain karena bentuk mejanya memanjang. 
Menunya bisa pilih mau soto ayam atau daging, dan nasinya mau pisah atau campur. Di meja ada berbagai gorengan kayak perkedel, udang goreng, paru, telur puyuh, bakwan, lengkap banget full! Dan rasanyaaa… I’ll tell you whaaat… DAHSYAT! Segitu dahsyat dan segernya sampe seorang Mono – seorang antisoto – mendadak berubah jadi fans. Doi mendadak suka banget dan paling ngefans sih sama gorengan-gorengannya. Tetep yaaa! Pokoknya, kalau ke Solo, Soto Seger Boyolali ini nggak boleh lupa buat didatengin yaa…



Gambar gorengan penuh dosa from Cerita Perut :D

SOTO SEGER Hj. FATIMAH
Address: Jl. Pandanaran No. 257, Kec. Boyolali, Jawa Tengah

Telepon: (0276) 325456

4 comments:

  1. Warbiyasak emang antriannya bakmi pak pele! Aku waktu itu dateng sekeluarga dan satu orang temenku. Nunggu lah kita, 30 menit gak ada tanda2 makanan akan datang dalam waktu dekat. Akhirnya aku sama temenku mutusin buat pergi beli gelato di daerah prawirotaman, sembari keluargaku nunggu pesenan. Ada kali sejam kita pergi, eh pas balik pesenan kita belum dateng juga! Mamaku udah ga sabar, bolak-balik nanya ke pelayannya, kali aja kelewatan lupa belum dianter. Padahal emang blm nyampe antrian kita haha. Trus pas makanannya dateng langsung disikat abis karena udah kelaperan, pdhl asapnya masih ngepul-ngepul :))
    Warung bambu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lebih parah ya lebih dari 1 jam, apa karena kamu datengnya weekend? Pak pele emang bikin nunggu seabad makannya senapas :D

      Delete
  2. Akkkk baca ini pas malam2 lagi lapar2nya dan jadi tambah laper :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sori yah Fradita :)) semoga kamu nggak lagi diet. Hihi..

      Delete