Tuesday, January 26, 2016

Le (Korean) Skincare Routine Buat si Kulit Badak


Di tahun kemarin gue membaca sebuah blog post Mba Lita yang menarik banget yang isinya wawancara dengan Mba Irawaty Sarah yang membahas Korean skincare. Setelahnya, wah jadi terinspirasi banget. Memang nggak bisa dipungkiri ya kalau kulit orang Korea itu super mulus dan porcelain-like. Nggak heran karena di baliknya, mereka sangat dedicated untuk mengaplikasikan berbagai krim, serum, essens, ampoule, you name it lah di wajah mereka.




Sebelumnya, gue kan masih berkiblat sama skin care ala Barat, yaitu cleanse, exfoliate, moisturize. Prakteknya, boro-boro lah ya exfoliate, saat itu pengertian gue akan exfoliate hanyalah facial dan hanya dilakukan minimal sebulan sekali. Tambahannya paling hanya eye cream aja. Setelah membaca artikel itu, gue baru tahu ternyata eksfoliasi haruslah dilakukan setiap hari dengan acid dalam kekuatan rendah, bisa dengan AHA (glycolic acid, lactic acid), dan BHA (salicylic acid). Perbedaan keduanya bisa dibaca di sini ya.

Kenapa eksfoliasi itu penting banget? Penjelasan mudahnya di sini.

Setelah membaca artikel itu juga, gue jadi tercerahkan. Problem kulit gue emangnya apa? Hampir nggak ada! Shombong! Alhamdulillaaah wa syukurillah, sejak dulu gue dikaruniai Allah dengan kulit yang nggak bermasalah dengan jerawat, pori-pori besar, milia, warna kulit nggak rata, super kering, problem kebanyakan kulit perempuan. Tapi tentu aja punya masalah. Masalah yang dialami kulit gue adalah:

1.       Berminyak, tapi nggak parah saat memakai make-up. Namun saat memakai makeup apapun, yang oil-free sekalipun, kulit gue langsung berinyak terutama di bagian T-zone dalam waktu 2-3 jam saja.
2.       Kerutan di area mata. I believe this is a genetic since my mom also “blessed” with this so-called crow’s feet. Udah nyoba segala macem eye cream, sis. Mulai dari Olay, Clinique, sampe Murad (yes it’s not cheap). Nggak ada hasilnya!
3.       Badak! Jangan kira kulitku yang terlihat mulus ini akan semakin kinclong manginclong setelah gue aplikasiin skincare yang katanya ini-itu. Hal itu terbukti dari pemakaian Facial Treatment Essence (FTE) SK-II selama 6 bulan with no result. Padahal hampir semua orang meng-HG kan produk ini (HG= Holy Grail, duuh udah keracun banget deh gue sama istilah-istilah skincare :D) Udah fase purging, eh malah jadi kebal. Jadi hestek #menujukinclong2014 ga dapet, #menujukinclong2015 apalagi, kayanya harus sabar jadi #menujukinclong2020 kali ya! Miriiip ya kelakuan muka gue ama berat badan, susah diubahnya! :))))))  
Dengan keadaan nomor 3, tentunya sulit buat gue untuk mencoba produk baru tanpa jadi apatis, ini ngaruh nggak sih di kulit gue? Tapi setelah membaca artikel di blog Mba Lita tadi, gue bertekad untuk nyoba skincare ala Korea. Why? Mungkin, mungkin ya, yang diperlukan kulit gue bukanlah produk baru tapi metode baru, apalagi kan metode Korea cukup ‘’agresif” ya, 10 steps aja dulu! Dengan cara layering segala macam ingredients natural (produk Korea terkenal dengan kemajuannya sekaligus au naturelnya). Siapa tauuuu.. siapa tau kulit akika bisa berubah. Sekaligus investasi kulit di masa tua.

Yaaa karena metodenya berubah, tentunya produknya juga berubah dong. Huahuahahahahahaaa.. ALasan buat belanja. Gue akhirnya ngumpulin berbagai skincare Korea dari Koreabuys.com. Belanja di sini muraaaaah banget lho. Jauh sama harga toko di mall-mall ataupun OLShop. Sayangnya aja sampenya lama karena sistem PO. Selain Korean products, gue masih memakai beberapa produk lokal dan produk Jepang kayak Hada Labo.

Jadi, inilah product hoarding gue selama 2 bulan terakhir, berurutan berdasarkan 10 steps Korean skincare. Ini aja masih banyak yang bolong!



1.       Double cleansing
Gue tadinya hanya memakai Maybelline MakeUp Remover, dilanjutkan dengan facial wash. Untu urusan facial wash, gue susah pindah ke lain hati dari Pond’s! Biar dikata ini pembersih wajah anak ABG, aku cinta aftermathnya. Pake facial wash lain macam Hada Labo atau Kracie terasa lembut sih, tapi tetep aja nggak bersih. Akhirnya setia sama Pond’s.

Terus, ternyata gue baru tau kalo konsep double cleansing tuh bukan makeup remover dan facial wash, melainkan micellar water/cleansing oil/cleansing milk baru facial wash. Jadinya gue baru-baru ini mencoba Bioderma yang heits. Enak banget ya setelah dipake, muka terasa bersih dan lembut  banget. Tapi karena harganya yang kurang ramah kayaya akik mau beli Garnier aja abis ini :D



Oiya, untuk menjaga area mata, saya biasanya ngebersihin makeup pakai VCO Coco Milagro. Produk ini ini produk lokal yang bagus banget dan multifungsi. Selain tokcer ngapus makeup waterproof, bisa menjaga kelembaban area mata.


2.       First essence
Gue pake Secret Key Prestige Snail EGF + Repairing Booster. Bekicot, yes it is! First essence ini mengandung ekstrak bekicot dan EGF, yang fungsinya mirip kolagen.  Teksturnya sendiri seperti air tapi kental, ringan dan cepat menyerap. Wanginya pun enaaak..




3.       Double Toning
Untuk exfoliate toner gue pake Pixi Glow Tonic yang baru gue beli sample size nya aja karena harganya yang mehong, hahaha.. Si Pixi ini kan rave-nya heboh karena si pemilik kulit dari khayangan @puchh merekomedasikan di IG-nya. Di gue sih, nggak ada tingling sensation. Kalau toner gini biasanya gue taro di botol spray supaya pemakaiannya optimal.


Untuk hydrating toner gue pake Replenish Toner dari @thebathbox. Toner ini udah dikemas dalam spray bottle, ukurannya banyak, dan wanginya segar banget kaya rempah-rempah.

Tambahan, gue juga nyobain Alpha-H Liquid Gold, produk dari Australia. Produk ini katanya sih sedikit agak “keras” karena itu nggak boleh dilayer produk apapun dan hanya boleh dipakai malam hari, dengan frekuensi 2 malam sekali. Hasil setelah 2 bulan pakai? No result! Hiks. At least untuk gue ya. Padahal ini produk favorit Caroline Hirons lho (terus kenapeeeee..) Akhirnya frekuensinya jadi gue kurangin aja seminggu sekali pemakaiannya.



4.       Serum
Hada Labo merah alias Gokyujyun. I know it’s not serum. Judulnya aja lotion. Tapi gue posisikan sebagai serum karena teksturnya yang cair dan nggak creamy-creamy nya acan. Yowis, terseraaah..




5.       Emulsion
HolikaHolika Black Caviar. Ini juga beli di Koreabuys. Murah lho cuma 200ribuan karena lagi sale, padahal kalau di OLShop lain bisa 400 ribuan. Teksturnya mirip lotion gitu ternyata. Baru tau, soalnya baru sekali ini pake emulsion hehe..



6.       Sunblock
Innisfree Eco Safety Aqua Perfect Sun Gel. Favoriiit! Setelah baca-baca soal skincare, gue baru sadar tahun kemarin lho kalau pake sunblock daily tuh penting banget. Bukan soal biar nggak menghitam ya, tapi sinar UV sehari-hari itu bahaya dan berpotensi bikin kanker kulit. So I choose this. Tadinya nyoba merek Laneige, tapi ternyata sedikit creamy dan lengket. Innisfree ini super ringan, wanginya fresh, dan nyerep banget di kulit. Great for powder base too!



7.       Cream & Sleeping Pack
Dua ini yang masih bolong, hahaha..  Soalnya ini aja udah lumayan keblinger ya. But on the wish list: The SAEM Urban Eco Fresh Harakeke Cream, sama Mizon Lemon Calming Cream. Masih bingung pilih yang mana, karena dua-duanya lagi sale di Koreabuys. Hahaha.. Oiya satu lagi wish list-nya: Laneige Sleeping Pack! *banyak*




8.       Facial Oil
Awalnya gue mencoba facial oil “Keep it Right” dari The Bath Box, untuk kulit normal. Kenapa ga untuk kulit berminyak? Simply karena ga ada, pilihannya kalau untuk kulit berminyak harus acne-prone juga. Oke deh, produk ini OK aja menurut gue karena lagi-lagi tidak membawa perubahan papun, tapi klaimnya kan produk natural itu memang butuh waktu untuk bekerja. Akhirnya karena ga sabar, gue nyoba sample size nya Tarte Maracuja Oil. Ih mejik, walaupun pake minyak malam-malam, kulit gue beneran ga minyakan saat bangun (sedangkan ngga pake apapun aja kalo bangun pagi pasti berminyak).  Kayanya bakalan beli full size nya nih!



9.       Masker
Yang ini susah rajinnya deh. Gimana mo puunya kulit porselen, maskeran seminggu sekali aja sering lupa? Koreans mask their face like every damn day! Masker yang gue miliki saat ini baru  The Bath Box Breakfast Porridge yang fungsinya memerangi whiteheads dan blackheads. On the wishlist: Monstory Greenmon Mugwort Fresh Mask Pack! Udah pesen dan ga sabar nungguin datengnya.




10.   Eye cream
I’m now over the expensive eye cream, dan menerima kalo crows feet itu adalah berkah garis kebahagiaan. Hahaha.. Rajin dirawat aja dengan eye cream dan coconut oil. Karena itu gue pilihnya Eye Cream yang terjangkau aja macam Saint Peau Baobab Water Storage Firming Eye Cream ini.




Hasil dari product hoarding ini selama dua bulan? Although it’s invisible to you, I can feel my skin is improving. Yang pertama gue rasakan adalah kulit gue yang ga lagi jadi kilang minyak saat bangun pagi, walau memakai face oil sekalipun. Lagi makeupan pun, agak lama untuk nunggu berminyak, kalo dulu sekitar 2-3 jam, kini sekitar 5-6 jam baru muncul minyak di sekitar hidung. Kerutan di mata sih masih ada tapi semoga nggak bertambah seiring berjalannya waktu. Oiya bonus satu lagi, make up terutama foundation nempel lebih bagus di kulit gue. Nggak butuh banyak, tapi terlihat udah cukup covered.

BAAAAA!!!!!! #nomakeup #nofilter #nomoney


Ok, wish list udah semakin banyak nih.. Mantengin IG @beningbersinar dulu sama Koreabuys lagi ah… 

9 comments:

  1. Me too me too karena mbak lita jadi kenal mbak ira jadi keracunan bening bersinar dan yang berbau-bau korea skincare....
    Oh ya koreabuys asik ya belanja disitu cobain ah terima kasih rekomendasinya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaay, sukses ngeracunin orang, hehehe.. Jangan anon dong, hikssss :D

      Delete
  2. Ajigile maaakkk... langsung deh akik minder liat skincare yey! borong di beningbersinar ini yaaaa
    btw yang Pixi.. kan orang2 berasa tingling gitu ya, terus berasa keras sampe pakenya cukup 2-3 hari sekali aja.. nah di gw kok enggak sama sekali yak??? purging enggak, tingling enggak... badak it is! tapi abis itu gw tetep dong ikutan PO sis utk yang full sizenya! hoahahaha... entah sugesti doang apa emang bener, gw ngerasa muka gw gak kusam2 amat sejak pake pixi.. duh pixi..seandainya hargamu kayak pixy pake y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa kagak maak, banyakan koreabuys ini soalnya diskoon, kalo beningbersinar harganya masih suka manasanggup :))
      Wah, gw malah pake tiap hari lho si pixi ini! Sama bgt, ga ada tingling2 nya acan. Tapi beneran emg lumayan keliatan hasilnya ya. Beli di belanjamimo deh sis, lumayan ada harga share nya jauhhh dibanding harga asli..

      Delete
    2. Kak beli tarte marajuca oil yg sampe dimana kah?Bagi infonya kak

      Delete
  3. Beli dikoreanbuys harus pakr CC ya... Mupeng pengen belanja disana tp apa daya...
    Aku juga lagi ngelengkapin skincare routine ala korea 😊

    ReplyDelete
  4. Senangnya bisa belanja dikoreanbuys.. Pengen belanja disana tp gak punya CC .

    Sama nih, aku jg nyoba skincare routine ala korea... Wajah minyakan jg nih.. Smaan deh

    ReplyDelete
  5. Wiiih suka sunblok innisfree juga ya mbak hihihi emang bagus sih sunblok nya.
    Kalau mau beli makeup sama skin care korea, di althea murah mbak. Daripada di olshop yg ada di indonesia. Mehong,ujungannya banyak hihihi...

    ReplyDelete