Wednesday, December 16, 2015

Fixing My Workout Habit With Celebrity Fitness #EverydayIGetBetter

Me and workout? Wiiih, sahabatan banget, kentel! Cieee..

Gue bisa workout cardio seminggu 4x lho.

Ironisnya, hal itu nggak terlihat dengan.. penurunan berat badan. Ironisnya lagi, berat badan gue meningkat cepat pasca menyapih, yakni 5 kg ajuah. Padahal sebelumnya gue udah yakin pola olarahga gue bener karena berat badan yang stabil saat menyusui. Pas menyapih.. LAH! Malah naik gila-gilaan! So there must be something wrong with my workout regime.


Memang sih, tujuan olahraga sesungguhnya ya emang bukan bikin kurus, tapi sehat. Tapi, tapi.. harusnya berat badan nggak naik juga kan. Sedih amaaat..

Seakan menjawab kegelisahanku, di hari Minggu 22 November kemarin Female Daily mengundang gue untuk datang ke gathering yang diadakan Female Daily di Celebrity Fitness di FX Sudirman. Di event yang sehat ini, selain olahraga bareng, kita juga dikasih berbagai tentang pengetahuan fitness.
Wih wih wih, asik bener.. Kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara olahraga yang benar supaya tujuan berat badan (setidaknya) stabil bisa tercapai. Kurus sih, bonus aja kaliii… *padahal sih pengen banget yaa*


ABOUT THE EVENT
Acara dibuka sama Mbak Santi Siera, Managing Editor Female Daily.

Mba Santi, Managing Editor FemaleDaily

Tony Pickering, Celebrity Fitness President (photo by Female Daily)

Jung, Master Trainer Celebrity Fitness


 Selanjutnya ada sambutan  dari Tony Pickering, President of Celebrity Fitness Indonesia dan Hendra Nugraha sebagai VP Founder Celebrity Fitness Indonesia, dan  dilanjutkan oleh Jung, Master Trainer dari Celebrity Fitness. Jung hadir menjawab mitos-mitos dan pertanyaan-pertanyaan seputar olahraga buat wanita. Apa saja?

1.       Fitness tidak akan membuat kita menjadi bulky alias berotot kayak Ade Rai. Ini nihh, mitos yang sering wara-wiri di kuping kita para vanitah, yang bikin kita jadi takut untuk menyentuh alat/ mesin angkat beban di fitness center. Menurut Jung, hormon estrogen yang ada di dalam tubuh perempuan membuat kemungkinan kecil untuk kita jadi berotot gede.

2.       Karena itu, latihan beban sangatlah diperlukan. Jangan cuma cardio aja, sis! *nih gue ketampar* Olahraga yang baik  itu harus seimbang antara cardio, strength dan functional training, dan flexibility. Apa itu functional training? Functional training adalah latihan yang gerakannya fungsional alias gerakan sehari-hari, misal, bangun dari tempat tidur (sit up), bangun dari tengkurep (push up), jongkok (squat), dst ya. Functional training bisa pakai beban eksternal, bisa pakai beban berat tubuh sendiri.

3.       Apakah flexibility training? Olahraga yang mengandalkan kelenturan tubuh. Kalau kita olahraga flexibility secara teratur, maka tubuh akan mendapatkan kesempatan stretching dan tentunya, jauh lebih fleksibel.

Jadi, intinya harus combine combine combine your workout! Cardio, flexibility dan strength/ functional training semua harus jalan. Ouch! *ketampar dua kali* Dan olahraga yang baik itu nggak boleh dilakukan setiap hari lhooo. Maksimal 5 hari dalam seminggu karena otot harus mendapatkan kesempatan istirahat. Selain itu, kita harus istirahat minimal 6-7 jam sehari, agar efek workout lebih optimal lagi.

Nggak cuma olahraga aja ya. Pola makan juga harus terjaga. NAAAH INI NIH YANG SUSAAAAHHH.. Apalah artinya olahraga seminggu 3x tapi tiap hari makan ramen berkuah kental berhiaskan telor rebus.. Jadi ngayal ya sis.. Iyaaaa..

Intinya, nggak cuma berfokus pada latihan aja, tapi Celebrity Fitness memiliki panduan #beLeanForLife yang isinya guidance nutrisi dan pola makan yang baik itu seperti apa. Panduan ini sendiri ditulis oleh JJ Sweeney, Co-Founder dan Senior Vice President Fitness Development and Innovation.

Setelah sesi tanya-jawab tadi, kami makan siang  dilanjutkan dengan olahraga bareng. Olahraga barengnya yaitu.. YOGA!

Honestly I am not a fan of yoga. Itu dia, saking gue sok rajinnya cardio, gue jadi menganggap enteng dan ninggalin olahraga flexibility yang juga penting macam yoga. Selain itu, gue kalo kelas yoga suka mokal sendiri bok, kayanya satu kelas gua doang dah yang paling ga lentur, naro pergelangan tangan sambil posisi nungging aja kutaksangguuupppp…

Cieee.. Mau yoga ni yeee..


Yoga class with Puru (photo by Female Daily)


Instruktur kelas yoga di event ini bernama Dr.Puru. Dr.Puru ini aslinya dari India tapi sudah 9 tahun tinggal di Indonesia dan memiliki minat besar sama dunia yoga. Seperti yang gue kira, gue udah ngos-ngosan dan badan langsung ngretek pas baru 10 menit ngikutin kelas, tapi terbukti badan langsung enak banget dan tidur pules malemnya. Efek stretching kali yaa..

With another bloggers

Oke abis ini tobat deh, harus rajin yoga dan functional training! Semoga niat tak sekadar niat yessss..



WHAT I LIKE ABOUT CELEBRITY FITNESS

Yang gue suka dari Celebrity Fitness.. banyak banget! Pertama, fasilitasnya. Ngga usah bawa gembok  plus kunci karena di sana, member card kita bisa digunakan untuk mengunci loker . Kedua, nggak usah bawa handuk juga karenaa di sana disediakan dua handuk, handuk kecil untuk elap-elap keringet selama exercise dan handuk besar untuk mandi. Di Celebrity Fitness tersedia kamar mandi yang bersih, lengkap sama sauna dan hairdryer juga. Jadi ga masyalah ya kalo abis olahraga mau kongko-kongko syantik..

Spot buat badendong dan ngeringin rambut habis mandi

Kedua, banyak pilihan latihan. Mau latihan dengan PT (Personal Trainer), bisa. Mau latihan pakai  mesin statis, bisa juga. Nggak cuma mesin statis, Celebrity Fitness juga punya berbagai fitness equipment  seperti Bosu, Kettlebell, Viper, dan sebagainya. Di Celebrity Fitness juga banyak kelas kalau kita sukanya olahraga rame-rame. Kalo kelas cardio ada RPM, Body Combat, Aerobic, functional training class ada Fast Fit, TRX, dan flexibility training class ada Yoga, Pilates, dan masih banyak lagi.

Aku suki suki suki event ini! Selain jadi motivasi, ngebuka mata banget tentang bagaimana olahraga yang benar untuk jadi sehat dan menurunkan berat badan. 2016 nih.. plis deh pengennya sih sampe akhir tahun gak punya resolusi yang sama lagi yakni mau kurus terus. Ciyan enel sih, kak..

Selain itu, pengennya juga dapet efek jangka panjang olahraga seperti sehat terus dan tetep bisa lincah sampe tua. Amin.

Thank you Female Daily and Celebrity Fitness Indonesia for inviting me to the awesome event!


No comments:

Post a Comment