Wednesday, December 30, 2015

10 Alasan Kenapa Harus Berlibur ke Queensland Tahun Depan!

Australia? Always sounds a good idea to me. Saat ke Australia tahun 2014 lalu, gue hanya sempat jalan-jalan di Melbourne dan Sydney. Keinginan buat merambah Queensland sih, ada. Apalagi Mono cerita banyak tentang Queensland dan tempat-tempat asik di sana, karena udah pernah beberapa kali ngeron di sana saat terbang. Tapi nggak jadi, karena nggak ada penerbangan Brisbane – Jakarta langsung (harus transit dulu). Buat kami yang masih punya Daru yang masih kecil, penerbangan direct jadi lebih preferable.

Padahal penasaran banget lho sama Queensland, terutama Brisbane dan Gold Coast. Buat gue, Australia itu punya semuanya: a hip urban life (cieee), great tasty latte and coffees, beautiful beaches, makanan-makanan enak, dan kebun binatang lucu buat anak-anak. Tentunya setelah jatuh cinta sama Melbourne dan Sydney, gue yakin Queensland offers a lot more!

Image from AussieHouseSitters

Makanya, ketika diundang sama Female Daily buat ngobrol-ngobrol bareng tentang Queensland, gue tentunya excited. Di event kemarin itu, ada Ibu Mariani dari Dwidaya Tour dan Su Yen serta Agitya dari @TourismAUS. Ngobrol-ngobrol bareng mereka bikin gue jadi makin pengen ke Queensland, terutama Gold Coast dan Brisbane. Banyak banget alasannya, ini 10 di antaranya.


1.       Sunshine State
Queensland adalah negara bagian terbesar kedua di Australia, dan dijuluki “Sunshine State” karena matahari bersinar terus di sana selama 300 hari per tahun. Walaupun begitu, suhunya bersahabat kok yaitu sekitar minimum 13 derajat Celcius pada saat winter (Juni-Agustus) dan maksimum 28 derajat Celcius pada saat summer (Desember – Februari). Jadi masih bisa yaa pake coat atau parka-parka loetjoe..
  
2.       Hot air balloon!
Suasana dan foto-foto hot air ballon di Cappadoccia, Turki emang selalu bikin ngimpi. Tapi ngga usah jauh-jauh ke Turki karena di Gold Coast juga ada! Pemandangannya pun juara, yaitu Vineyard alias kebun anggur. Turun dari hot air balloon juga bakalan langsung breakfast dilengkapi dengan champagne. Syaratnya cuma satu nih, yaitu rela bangun pagi buat melihat langsung sunrise dari balon udara. Nggak masalah dong yaaa..

Image from www.hotair.info


3.       The Wildlife
Berkunjung ke Australia nggak lengkap tanpa ngomongin satwa-satwanya yang emang unik-unik. Di negara bagian manapun di Australia, kebun binatang itu selalu jadi spotlight attraction. Seperti kunjungan gue kemarin ke Taronga Zoo, yang  terletak di sebuah pulau dekat Sydney Opera House. Sayangnya di sana, nggak boleh pegang koalanya. Padahal udah GMZ banget. Nah, di CurrumbinWildlife Sanctuary di Gold Coast, kita boleh berinteraksi langsung dengan binatangnya, bahkan boleh memeluk koalanya! Iiih udah kebayang Daru pasti seneng banget.

Image from www.visitgoldcoast.com

Selain Currumbin, kita juga bisa berinteraksi sama lumba-lumba di Tangalooma Wild Dophin Resort. Nggak cuma ngasi makan lumba-lumba aja, tapi juga bisa melakukan aktivitas pantai yang seru-seru kayak Quad Biking sampai 4WD Safari Desert Tour!

4.       Instagrammable spots
Liburan = spam Instagram. Yaudah ga usah disangkal sis :)) Apalagi selain foto scene alias pemandangan, foto ootd juga wajib kalau lagi jalan-jalan. Ngakuuuu! Jangan sedih karena di Brisbane spot-spot foto hipster sangatlah berlimpah. Seperti di Fortitude Valley di Brisbane, Paddington, di kota, semuanya fotojenik buat diajak foto bareng sebagai bekgron ootd. Ini nih list of 52 street arts in Brisbane buat background ootd kamu!

Image fom blog.queensland.com 

  
5.       Shopping heaven
Nah nah nah yang ini ini nih.. Jalan-jalan gak lengkap kan ya tanpa belanjaaa..Terutama yang bikin hepi buat gue kemarin saat ke Australia adalah jajal beberapa supermarketnya seperti Coles dan retail store seperti Target dan K-Mart yang sagala aya. Di Queensland, selain supermarket dan retail store-nya, ada juga James Street yang dipenuhi sama berbagai hippest store by Australian designers. Mau belanja murah juga bisaaa.. Tinggal cus ke Robina, Harbourtown dan Pacific Fair di Gold Coast yang termasuk outlet sehingga harga barang-barangnya terbilang murah. Oiya karena gue penggemar pasar, kayanya kalo ke sana bakalan sempetin ke Carrara Markets deh..

6.       Coffee and seafood!
Do you know, that Starbucks had to close down their 60 outlets in Australia? Coffee culture in Australia is so strong that Starbucks hardly sell their products. Not to brag, tapi emang Australian coffee nggak ada yang nggak enak, I’ve tasted myself. Di sana coffee shops lokal bertebaran, bahkan kopi di stasiun aja rasanya enak banget.  Spot brunch yang lagi happening sekarang di Gold Coast adalah Elk Espresso yang rasa kopinya juara. Jadi nggak sabar untuk nyoba kopi andalannya Queensland! Oiya ngomongin makanan di Australia juga nggak lengkap tanpa nyobain seafoodnya yang berlimpah dan seger-seger banget. Coba cek best seafood in Queensland ini aaak, foto-fotonya beneran bikin laper toloooongggg!

Image from Gold Coast Bulletin

Elk Espresso, image from The Weekend Notes


7.       Whale Watching
Di bulan Juni-Oktober, paus humpback akan melintasi perairan lautan Gold Coast dan akan “menari-nari”sepanjang perjalanan mereka melintasi lautan. Dan di antara pasukan paus itu, ada satu paus albino yang hanya ada SATU di dunia, yang ternyata punya nama, yaitu Migaloo! Waaawwww… Pemandangan spektakuler ini tentunya nggak boleh dilewatin ya..
 
Image from earthtouchnews.com
8.       Theme Parks
Wah bisa nggak abis-abis nih kalau ngomongin theme park di Gold Coast. Selain Movie World dimana kita bisa ketemu Tweety, bisa juga mengunjungi satwa laut di Seaworld, pose kung fu sama Po di DreamWorld! Ini sih Mono yang bakal menggilaaaa…

Image from MovieWorld

Image from Dream World



9.       Festival & weekend activities
Gue selalu suka melihat kegiatan orang-orang lokal dari tempat yang gue kunjungi, terutama festival. Nah festival terbesar diadakan di Gold Coast setiap tahun adalah Bleach Festival, di mana musik, seni, makanan, budaya, film, semua nyampur jadi satu. Penasaraaaan… 

Image from holidayholiday.com.au
 Selain itu, Queensland memiliki aktivitas ngumpul dan tempat-tempat yang buka hanya saat weekend. Salah satunya yang paling gres adalah Eat Street Market yang berkonsep bercampurnya berbagai makanan di dalam container besar diiringi live music.
Image from The Gold Coast Bulletin


10.   GLink
Saat ke Australia tahun 2014 lalu, gue suka dengan transportasi tram yang dimiliki Melbourne dan bus yang dimiliki Sydney. Nggak jauh beda dengan Melbourne, Gold Coast juga punya tram bernama GLink! Transportasi terbaru yang beroperasi tahun 2014 ini frekuensinya 7,5 menit sekali di jam-jam sibuk sehingga kita nggak bakalan bengong dan bosen nunggu tram berikutnya. GLink juga berhenti di pusat-pusat keramaian. Supaya nggak pusing dengan rutenya, GLink juga bisa di-download di AppStore atau Google Play.
Image from Ride The G


Dua hal yang ada di pikiran kita kalau mau jalan-jalan ke Australia: mahal dan repot urus visa. Padahal seperti liburan ke tempat lainnya, kedua hal itu pasti bisa aja disiasati. Salah satunya adalah dengan merencanakan perjalanan bersama Dwidaya Tour. Kok bisa?

1.       Dwidaya Tour menawarkan 3 paket yang bisa dipilih sesuai keinginan: Premier Holidays, ini yang buat mau liburan mewah ala Syahrini. Bisaaaa, sis. Naik helikopter, makan malam di Hard Rock CafĂ©, pokoknya liburan ala princess. Tapi kalau mah hemat juga bisa ambil paket Costsaver yang mengatur perjalanan selama 8 hari di Melbourne, Sydney, Gold Coast dan Brisbane. Yang terakhir, Flexi Holidays. Ini buat kita yang suka bikin-bikin itinerary sendiri. Bisaaaa juga, bisa diatur deh pokoknya!
2.       Kalau mau liburan hemat, Dwidaya Tour menawarkan kartu iVenture. iVenture ini sejenis “kartu pintar”yang membuat kamu dapat mendatangi atraksi-atraksi utama di Australia sekaligus! Bisa di-costumize sesuai keinginan, lagi! Dengan kartu ini, kita juga bisa berhemat hingga 50% lho. Duh mak, kurang apa lagi?


3.       Ngurus visa kadang emang bikin rempong ya. Nah kalau nggak mau repot serahin aja ke Dwidaya Tour. Dalam waktu 48 jam visa langsung bisa kita pegang.
4.       Nggak cuma menawarkan paket tour, Dwidaya Tour juga menyediakan layanan Car Rental alias sewa mobil di tujuan (!!), bahkan sampai pembelian tiket konser, festival, atau event apapun jika kita berencana mengunjungi Australia untuk pergi ke sebuah event. How cool is that?

Lebih lanjut, website Dwidaya Tour selalu bisa dikunjungi untuk informasi-informasi yang ingin ditanyakan.

Yaudah, kurang panjang apa nih sis? Queensland harus banget kan ya dijadiin dream destination tahun depan? Semoga tercapai ya. Mari sama-sama kita ucapkan AAAMIIINN…



Tulisan ini berpartisipasi dalam kontes yang diselenggarakan oleh Dwidaya Tour dan Tourism Australia yang berkolaborasi dengan Female Daily.  Update saya tentang event ini bisa dilihat di Twitter @ririmaulidina dengan hashtag #DwidayaXFD #DwidayaVisitQueensland.

2 comments:

  1. Enak ya klo travel agent bisa bantu urus visaa... bakal lancar deh kayaknya klo pake Dwidaya Tour ;)

    ReplyDelete