Thursday, May 14, 2015

Favorite Affordable Nursing Outfits




Everyone has life-changing moments. Buat gue, itu ketika menyusui. Sebagai ibu pemula, selain merasakan kebahagaian menyusui, gue juga merasa overwhelmed dan kelabakan banget. Apalagi Daru hobi nenen di mana-mana dan setiap saat.

Setelah 20 bulan menyusui, things get better. Menyusui malah jadi kegiatan favorit gue. Udah lupa lah ya sama insiden putting lecet yang terjadi berminggu-minggu (sooookk..). Malahan saat ini menjelang Daru disapih, hal yang membuat galau adalah gimana rasanya nanti, kalo Daru beneran udah nggak nenen lagi? Hiks..

Bagian lain yang menyenangkan (dan kadang membingungkan) dari menyusui adalah perubahan gaya berpakaian.  Dulu gue nggak menyangka loh kalau menyusui jadi mengubah cara pake baju. Apalagi sebagai  ibu rumah tangga, setiap pergi ke luar rumah hampir pasti sama anak, dan sekali lagi Daru tak memandang bulu tempat untuk minta nyusu.

Apa yang berubah? Tentunya harus selalu memakai baju berkancing depan. Agak bingung ya tadinya kalau kondangan atau kalo ingin pake kaos. Tapi untungnya sekarang udah banyak baju-baju nursing yang mendukung dan banyak modelnya, dan tentunya harus steilisss dong yaaa.. Ini dia  brand baju-baju favorit akik selama masa menyusui.


1.       Emeno (http://instagram.com/emeno_nursing)
Tau Emeno dari kakak ipar yang ternyata pemiliknya adalah temennya. Asik dong ya, makanya akik suka dapet diskon. Cihuy! Emeno modelnya variatif, dan nggak harus berkancing depan. Favorit gue adalah seri Missykat-nya yaitu berupa kebaya. Yes I’m not wrong, kebaya! Walaupun bukan kebaya bustier, tapi kebaya bermodel kutubaru semi encim yang punya resleting depan, jadinya bisa buka tetikadi di mana aja deh.. Selain kebaya, Emeno juga punya beberapa seri kaus dan dress. Oiya biasanya Emeno juga ngeluarin versi panjang dari tiap bajunya, jadi hijab-friendly. Bahannya adem dan gak cepet buluk, bahkan masih bisa gue pake sehari-hari dari dua tahun lalu sampai sekarang. Harganya berkisar antara IDR 250K – 300 K. Affordable kan ya..

Cinta banget dehh ama Misykat series-nya Emeno


2.       Matroishka (http://instagram.com/matroishka)
Selain kebaya, yang esensial dari nursing mom itu dalaman atau inner kalau pake kemeja yang menerawang. Di Matroishka, ada berbagai macam inner seperti tanktop atau dalaman kerah bulat, warnanya pun bisa dipilih dari maroon, navy, item atau khaki. Bahannya lembut dan enak dipakai. Tapi menurut saya harganya agak sedikit mahal.

3.       Mamigaya
Ini brand yang lumayan gampang ditemukan, soalnya resellernya banyak. Paling sering sih nemuin di IG @elmomiree_boutique. Walaupun nggak semua bajunya sesuai selera akik, tapi keunggulan dari Mamigaya ini adalah harganya yang sangat affordable. Tanktop biasanya 60 ribuan aja. Inner dress menyusui harganya 100 ribuan. Kualitasnya juga bagus, enak dipakai dan nggak gampang melar.

4.       Mamimumemo (http://instagram.com/ilovemamimumemo)
Kalau brand yang satu ini baru kenalan baru-baru ini. Mamimumemo biasanya ngerilis baju menyusui motif batik dan model baby doll. Karena nggak terlalu suka babydoll jadi waktu itu urung beli. Eh nggak lama doi ngeluarin model kemeja yang ucul banget. Dan ternyata ownernya super ramah, dan bisa custom baju sesuai ukuran dan mau kita! Untuk satu kemeja custom, harganya IDR 190K.

Kemeja yang gue bikin custom sama Mamimumemo. Bukaannya bukan di kancing lho tapi ada tersendiri di kanan kiri. Praktis deh :D

5.       Nyonya Nursingwear (http://www.nyonyanursingwear.com/
 Kalo buka website ini, langsung bingung karena pilihannya bejibun. Nggak cuma inner, tapi ada kaos, outerwear, dress pendek, dress panjang dan modelnya juga banyak dan keren-keren. Bahkan ada sleepwear-nya juga lho. Favorit gue Fran shirt karena selain bahannya adem, emang gue cinta motif garis-garis, hehe. Harganya mulai dari IDR 175K- 300K.

me in Fran shirt


Tips on nursing outfit
Sebagai ibu yang udah nyusuin selama 20 bulan, boleh dong yaa berbagi tips nursing outfit ala-ala..
-          Sebelum lahiran, invest di berbagai baju berkancing depan atau kemeja. Karena personally gue suka pake kemeja atau front-button shirt, jadinya gue hepi. Nah untuk di rumah yang biasanya suka pake daster, invest aja dengan beli daster berkancing depan. Di berbagai baby store  biasanya jual kok.
-          Kalau nggak suka pake kemeja, pake kaos aja, tapi jangan lupa inner nyusuinnya. Kalo gue sih  nggak pede kalo perut kemana-mana, hahahaa.. Makanya kalo lagi pengen pake kaos biasa, biasanya dalamnya gue pake inner nyusuin jadi kalo Daru mau nenen perut gue nggak tamasya.
-          Salah satu favorit simple style gue selain kemeja adalah inner nyusuin + outerwear.  Jadi nggak capek-capek harus buka kancing, koleksi outerwear gue pun makin merajalela. Hahahahaha..
-          Walaupun udah pake nursing outfit, pasti tetikadi tetep nongol bebas kalo lagi nyusuin. Apalagi kalo anaknya udah gede, suka nggak bisa diem. Tadinya gue mengandalkan nursing cover Bebe Au Lait buat nutupin. Nggak lama, ternyata si bebe udah nggak fungsi lagi. Zonk, padahal udah beli mahal-mahal! Solusinya ternyata simpel, nursing poncho! Jadi yang ketutup nggak hanya depannya aja tapi belakangnya juga. Jadi si toddler yang lagi nyusu walaupun bergerak kaya gasing, area yang ditutupi masih aman. Berapa nursing poncho ini? 72 ribu aja di tokopedia. Search aja “nursing poncho”.

Segitu aja ibu-ibu. Tips ini sebenarnya masih kurang pro karena gue memilih ninggalin Daru di rumah kalo lagi pengen pake kaftan ke kondangan. Hahahahaa.. Jadi, siapa yang mau bikin kaftan nyusuin? Ide bisnis, sissss….

2 comments:

  1. infonya bmanfaat bgt. Aku biasa nyusuin pake baju2 menyusui. Tp blakangan ini tertarik pake nursing apron krn kayanya kita bs pake baju non-nyusui friendly. Tp stlh baca diatas jd mikir lagi, iya juga ya blm tentu anaknya mau klo ktutupan nursing apron.. Dan dpt ide pake inner nyusuin ya sblm pake kaos biasa..
    btw klo kondangan outfitnya gimana? bisa di share? ato favoritnya ttep pake dr emeno? makasi byk loh buat pencerahannya. hehe

    ReplyDelete
  2. Makasih mba Dewy udah mampir :) Jujur aja selama masih menyusui aku jadi jarang bawa anakku ke kondangan, kalau iya pun pakai baju Emeno mba. Kaftan menyusui sekarang sudah ada lho di nyonyanursingwear. Alhamdulillah sekarang saya sudah menyapih jadinya nggak pusing lagi cari baju kondangan yang busui friendly (sampai nanti hamil lagi) hehehe..

    ReplyDelete