Saturday, February 28, 2015

Sarapan Enak di Pasar Modern BSD



Semenjak nggak tinggal dengan ortu lagi dan pindah di BSD dari tahun 2012, gue yang tadinya terima beres soal makan di rumah harus dihadapkan pada kenyataan bahwa.. Gue harus bisa masak! 

Yes,  demi keutuhan duit traveling tabungan, masak itu satu-satunya pilihan biar hemat. Lebih sehat, pula.

Masak? Yes! Ke pasar? No! Dulu gue pernah diajak nyokap ke pasar Cipete, dan langsung trauma. Kesian deh gue. Ngeliat pasar basah bagian ayam, mo muntah. Cemana?


Tuhan memang Maha Asik.. Dia tau kalo gue ga kuat ke pasar tradisional, maka dibuatlah orang-orang yang punya ide brilian untuk memodernkan pasar tradisional. Salah satunya ya di BSD ini. Fungsinya sih masih pasar yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti sayur, daging, ayam, ikan, dalam tempat yang jauuh lebih bersih dan nggak bau. Pasar Modern juga dilengkapi sama toko-toko. You name it deh: perabotan, toko makanan organik, toko sepatu, toko baju, sampe kang jait juga ada.

Gue noraaak banget, karena sempet amazed dengan si Pasmod ini. Hahaha.. Mungkin yang tinggal di BSD atau ngerasain pasar modern semenjak dulu, ciyan mak sama gue.

Selain hal-hal di atas,  satu lagi nih yang bikin gue betah lama-lama di pasmod. THE FOOOOODDDDDD!! Pasmod penuuh sama makanan enak. Jarang kan denger suami mo nemenin istrinya belanja ke pasar pagi-pagi? Well, not in my case. Karena buat Mono, nganterin gue belanja ke pasar = sarapan sampe kenyang! Hehehe..

Apaan sih yang enak-enak di Pasmod BSD? Sebenernya banyak, yang di bawah ini favorit gue.
 
 Mie Ayam Bangka
Ini langganan gue dan Mono tiap ke sini. Seringnya: ‘’Eh cobain makanan yang lain yuk, masa Mie Bangka mulu,”Lalu kami lewat kiosnya dan end up makan di situ lagi. Hahahaha.. Mie Bangka adalah mie ayam, dengan topping khas tauge sama sawi. Bisa pesen plus bakso sama pangsit rebus juga. Yang gue suka dari Mie Bangka ini adalah rasanya yang gurih, mie-nya yang lembut dan sedikit oily, dan kuahnya ga terlalu asin. Nggak pernah bosen! Oiya, walaupun judulnya Mie Bangka, halal kok ini. Satu mangkok Mie Bangka komplit dengan bakso dan pangsit harganya IDR 24K. Ada juga menu nasi tim, tahu kok, dan kwetiaw ayam.



Gudeg Cah Solo
Walaupun tempat ini udah lama ada di Pasmod, gue nyoba Gudeg Cah Solo baru-baru ini nih. Tempatnya nggak jauh dari Mie Bangka. Sesuai namanya, ya pasti jual gudeg lah ya. Tapi selain itu ada juga lontong opor, nasi pecel, soto ayam kampung, nasi langi, nasi bogana dan yang lainnya gue lupa. Gue nyobain lontong opornya, sedangkan Mono nasi pecel plus ayam goreng. Yasalaaam, enak banget! Santan lontong opornya nggak terlalu kental, kreceknya sedikit pedas, ikut hadir telor pindang yang gurih di bawah taburan ebi. Nasi pecelnya juga enak dan seger. Harganya kalo nggak salah IDR 23K untuk lontong opor (lupaa!), dan IDR 32K untuk nasi pecel. Next, mo nyobain soto ayam kampungnya aaah…



Soto Mie Leo Dozan
No, you’re not misreading. Pemilik kios ini emang kakaknya Willy Dozan (tau kan yaaaa, mantannya Betharia Sonata itu loh.. Referensinya ga bisa lebih tua lagi, sis?) Ini salah satu favorit gue. Biasanya kan kalo di soto mie, dagingnya kadang dihiasi sama tetelan-tetelan yang bikin ilfil. Beda loh sama di sini. Soto mie-nya full daging. Dilengkapi sama risol yang krenyes-krenyes, potongan tomat yang seger, kuahnya yang gurih…damn! Jadi pengen ke sana lagi kan.. Harga? Lupa, hehehe.. Yang jelas di bawah 30 ribu untuk semangkok soto mie. Selain soto mie, ada juga menu iga penyet, ayam goreng dan yang lainnya.

 
 Serabi Notosuman
Dessert timeee! Serabi Notosuman ini katanya legendaris lho di Solo. Nah, selain di Solo, cabangnya yang lain ya cuma di Pasmod BSD. Dengan ciri khasnya yaitu nggak pake kuah dan digulung pake daun pisang, serabi ini enaaak banget. Santan yang ada di dalam serabi terasa kental dan wangi karena dibungkus daun pisang tadi. Ada rasa coklat dan biasa (polos). Harga untuk serabi coklat 2000 rupiah satunya, yang biasa 1900 rupiah. Kurang murah apa, gaeeessss?

image from here

Rosso Micro Roastery
 Abis nyarap, paling enak ya ngopi. Belum lama ini dibuka kios ngopi di pintu barat Pasmod, namanya Rosso Micro Roastery. Tempatnya sih biasa aja, nggak menghipster layaknya coffee shop di Jakarta. Tapi lucunya di pintu dan dinding Rosso ada sejenis wall art hanging yang tulisannya bikin ketawa. Misalnya, FPI: Fasilitas Pangkalan Ibu-Ibu dan  TPS: Tempat Penitipan Suami. Dih, bener banget! Laki gue udah paling anteng dititipin di sini selama gue belenjes. Hahahaha..

Rasa kopinya: Top! Gue kan bukan penggemar kopi hitam ya, pasti gue akan pesen latte/cappuccino/flat white. Penilaian gue sih latte-nya nggak asam, campuran susunya pas, and I tell you what.. Gue berhasil minum segelas nggak pake gula! Padahal gue nggak mungkin minum kopi apapun tanpa gula. It means, it is THAT GOOD. 



 Mono suka pesen manual brewingnya, seperti Vietnam Drip, Chemex, V60 and only God knows artinya istilah-istilah itu. Selain brewing, mereka juga roasting sendiri kopi yang dijual, terlihat dari adanya mesin roasting. Jadi nggak heran kalau masuk coffee shop ini, harum kopinya terasa menyambut banget. Harga buat segelas latte/cappuccino sekitar IDR 25K-30K.


Yang gue nggak suka dari Pasmod BSD  adalah parkirnya yang super ribet! Terutama kalo pagi hari. Jadi kalo kesini enaknya naik angkot atau ngojek kali yaaa.. Yang gak pernah gue lakukan, huahahahaha… Nyarap yuk kakaaaa…

9 comments:

  1. Oh iya satu lagi pisang serikaya!! :D

    ReplyDelete
  2. Btw komen tadi masuk ga ya.. Takut ga masuk, salam kenal ya sesama warga BSD. Kalo favorit aku di pasmod buat sarapan : bakmi ayam + bubur ayam melati. Belom pernah coba malah si bangka.. Halal kan ya? Nyobain soon ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Cicha, salam kenal :)
      Aku pernah bakmi ayam melati, dan menurutku Bangka masih lebih juara heheehe.. Halal kok :) Kalau pisang srikaya di mana? Boleh dong diinfo2 :D

      Delete
    2. Salam kenal mba..sebagai sesama wrg skitarn bsd mau nany,itu bakmi bangka yg halal merkny apa mba?soalny bbrp kali makan mie ayam bangka emang sih ga ad b2 tpi pk angciu,sama aj boong.hikss

      Delete
  3. Salam kenal mba..sbg sesama wrga bsd,mau nanya itu merk mie ayam bangkany apa mba?soalny bbrp kli beli mie ayam bangka mngecewakan.ktny halal ga pk b2 eh taunya pk angciu,sm aj boong.hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi salam kenal mba. Tempatnya emang kecil banget dan plangnya cuma spanduk, tulisannya "Mie Ayam Bangka Keriting", lebih deket masuk dari pintu utara, terus ke kiri. Deket Cah Solo dan toko buah. Semoga nemu ya..

      Delete
  4. Salam kenal mba, sebagai sesama pengemar jajanan pasmod BSD hehehehe....penasaran sama Rosso Micro Roastery nyaaa, ada temen yang baru pindah di sana juga bilang hal yang sama soal si Rosso ini. Besok besok klo ke sana mesti mampiiir.....BTW, nice info soal LOKAL hotel mbaaa,salah satu my coffee cup list klo nanti pulang kampung ke Jogja karena pengen liat ubin Tegel nya kunci. tfs yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Inta, makasih udah berkunjung kemari :D Iya mba saat ini Rosso jadi coffee shop paling hits, bbrp kali liat Dee Lestari di sana lho hehe..

      Delete
  5. iihhh akupun paling suka mie bangka iniii

    ReplyDelete