Monday, March 3, 2014

Once, Twice, Three Times Lasagna!

Sebelum menyukai masak, saya pikir bikin lasagna itu susah banget. Yang berhasil pasti tukang masak nomer wahid. Tapi ternyata setelah ditelaah, formulanya lumayan mudah: bikin saus daging, saus putih, rebus kulit lasagna, tumpuk-tumpuk, panggang, beres.

Eh ternyata setelah 2x bikin, masih gagal juga, hehehe… Here are my mistakes:


-           Kesalahan yang pertama adalah keasinan. Karena kedua adonan saya bikin menggunakan takaran asin yang sama. Jadilah double asin. Seharusnya saus daging dibuat asin, sedangkan saus putihnya dibuat manis. Jadinya seimbang.
-          Kesalahan kedua, menempatkan kulit lasagna paling atas. Seharusnya yang paling atas itu saus putih. Dor!
-          Kesalahan ketiga, memakai keju cheddar untuk lapisan paling atas. Bisa bayangin nggak, udah paling atas kulit lasagna, kejunya gosong di atas pulak! :)) Harusnya saya memakai keju mozzarella Greenfields yang meleleh sempurna di panggangan. Kalau kata nyonya Nugraha nih, pake keju parmesan. Saya nggak pernah nyoba karena mahal :))

So this is my modified lasagna recipe, originally from this.

Bahan-bahan:
250 gram kulit lasagna, rebus satu persatu (agar tidak lengket) dalam air mendidih campur garam dan 2 sdm minyak goreng, tiriskan
5 sdm keju mozarella, parut

Bahan saos daging: (dibuat asin)
500 gram daging cincang
1 buah bawang bombay, rajang halus
4 siung bawang putih, rajang halus
4 buah tomat, rebus, kupas kulitnya, hancurkan lalu saring
2 sdt oregano
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdt garam

Bahan saos putih: (dibuat manis)
4 sdm margarine
5 sdm tepung terigu
500 ml susu cair
125 gram keju cheddar parut
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala halus
2 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Lapisan Daging:
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
2. Masukkan daging lalu aduk sampai daging berubah warna.
3. Tambahkan sisa bahan lainnya, masak sampai matang.

Cara Membuat Saos Putih:
1. Panaskan margarine lalu masukkan tepung terigu, aduk.
2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sampai adonan licin.
3. Bubuhkan sisa bahan lainnya, aduk rata.

Cara Menyusun Lasagna:
1. Siapkan pinggan tahan panas.
2. Letakkan lembaran kulit lasagna pada dasar pinggan.
3. Tuang setengah adonan daging di atasnya.
4. Tuang setengah adonan saos putih di atas adonan daging.
5. Beri lembaran kulit lasagna lagi di atasnya.
6. Ulangi prosedur no. 3 dan 4.
7. Beri taburan keju mozarella parut di atas.
8. Panggang dalam oven dalam suhu 200C hingga kecoklatan.


Ketika menyusun adonan, diharapkan jangan terburu-buru yaaa.. Akibat anak nangis minta digendong, jadilah tampilan lasagna eik kurang sedep. Eh tapi rasa boleh diadu dong :D


1 comment: