Friday, March 28, 2014

Catatan MPASI 6 Bulan Handaru

MPASI: MakananPendampingASI. MauPingsanAmpeSIang.

Kuakui, per MPASI an ini bikin hati kebat-kebit. Begitu banyaknya literatur dan referensi, dari teman-teman sesame ebes-ebes, internet, dan DSA. Satu kata yang paling tepat bagi emak-emak yang baru memulai MPASI: p.u.y.e.n.g.


Sebingung-bingungnya, toh tetap harus dijalani. Pertanyaan-pertanyaan umum seperti: makanan pertamanya beras atau buah? Makan berapa kali sehari?  Berapa banyak sekali makan? Bagaimana pengolahan makanan?  Dan lain-lain semuanya saya kombinasikan jawabannya dari wholesomebabyfood, blogNita Soesabdo, buku MPASI Perdana Cihuy dan yang paling membantu.. blognyaAnggraini Karimuddin. Karena ibu yang satu ini mengupload menu bulanan sang anak dengan murah hati di blognya. Jadinya dapet gambaran jelas deh. Yiha!

Sebenernya di postingan ini bukannya mau berbagi tips-tips MPASI karena udah banyak dimana-mana ya.. cuma pengen jadiin catatan apa aja yang Daru doyan dan nggak. Berikut cussss…

-          Beras merah wangi (gasol): awal-awal cuma habis sekitar 5 sendok makan bayi. Lama-lama lumayan suka, apalagi kalo dibandingin sama beras coklat.

-          Beras coklat (gasol): Nggak doyan. Dicoba lagi, makin mentok.

-          Oatmeal (Topfer): Nah ini Daru lumayan doyan. Dikombinasikan sama apa juga habis. Hoyeee.. Semoga sama merek yang lebih ekonomis kamu juga doyan ya nak!

-          Buncis organik: His first vegetables. Seperti biasa, awalnya reaksinya nggak suka. Setelahnya, lumayan lahap makannya.

-          Kabocha & Butternut Squash: Bingung sama dua sayur ini. Yang satu ubi yang satu labu. Tapi warnanya mirip, rasanya juga. Daru lumayan suka sama dua buah ini.

-          Apel Fuji: Di antara jenis apel lainnya, menurut eik apel fuji paling manis. Ternyata nggak buat Handaru. Mukanya mengkerut gara-gara masih ada kecut-kecutnya :)) Batal deh diterusin.

-          Pear Ya Lie: Yang ini baru doyan. Mungkin karena rasanya lebih manis dari apel fuji.

-          Alpukat: FAVORIT HANDARU. TITIK. Tiap makan mulutnya mangap sendiri sampe kadang satu alpuket abis sendiri. Hihihi..

-          Pisang: Kukira Daru bakalan doyan mengingat emaknya juga fans pisang. Ternyata buat anak gue pisang bukanlah favoritnya. Paling banyak habis setengah buah.


Overall, untuk MPASI di bulan keenam ini, Daru terbilang doyan makan. Memang umurnya sih, karena konon GTM masih akan terjadi nanti, di umur-umur 8-9 bulan. *ngumpet di balik sutil*

Jika itu terjadi, apakah SUN dan Cerelac akan beraksi? *gak berani jawab*


Sampe jumpa di catatan MPASI bulan ketujuh! 

No comments:

Post a Comment