Monday, February 20, 2012

Liburan Mendung di Malang (part 2): Jambuluwuk & Rafting

Batu off we go!  Perjalanan keluarga kali ini udah di arrange sama adiknya mama mertua yang satu lagi, tante Ridha. Ia sama suaminya Om Herman udah nyewa villa Jambuluwuk Batu, yang udah pernah saya denger keberadaannya di Ciawi.

Sebelum nyampe sana, para pria Jumatan dulu. Nah pas banget mesjidnya itu terletak di depan alun-alun Batu. Ih, itu kayaknya alun-alun paling lucu semesta raya deh! Langsung deh insting fotografi amatiran (kelas Instagram) ini bergelora. Alun-alun sekaligus taman itu ada ferris wheel-nya, WC yang berbentuk apel sama strawberry, sama buah-buah raksasa yang lain. Mana udara dingin dan mendung, jadinya betah lama-lama. I wish Jakarta had a slice of this, really!





Solat Jumat kelar, foto-fotoan pun kelar. Lanjut jalan ke Jambuluwuk. Villa Jambuluwuk ini besar banget, hijau, dan memang diperuntukkan buat ngumpul. Biasa buat meeting kantor atau outing atau buat ngariung keluarga.  Pemandangannya super! Dari pinggir vila bisa keliatan gunung (yang saya nggak tau namanya) dan kabut yang indah bangeeet..  Di sekitar villa juga dihiasi bunga-bungaan, sungai kecil, bikin pemandangannya tambah spektakuler. Suasananya dingiiin dan asri. Vilanya juga dibagi berdasarkan ukuran, pake nama-nama daerah di Indonesia, dan saya kebagian nginep di Palembang. Meskipun villanya bagus, tapi rada mengecewakan nih room service-nya. Masa udah check in jam 2 siang, lantainya masih basah bekas pel? Udah gitu kamarnya emang ada 4 (2 atas sama bawah) dan segede gaban, tapi bed-nya cuma 2, twin pula! Sungguh tak recommended ya bagi yang mau bermesraan..




Kolam renang yang keren pun bikin lupa sama kekecewaan tadi. Rugi rasanya kalo nggak nyebur. Apalagi karena terletak di atas, jadi view nya langsung gunung berkabut tadi. Sisa hari pun dihabiskan di kolam renang yang dingin, foto-foto di depan gunung berkabut, dan ngumpul di villa bersama keluarga.



                                                                              ***
Besoknya, habis sarapan langsung check out jam 10 pagi. That was the first weekend in 2012 and I’m going to have some rafting! Di Batu, lokasi raftingnya itu di sungai Brantas dan nama tempatnya itu Kaliwatu. Kalo denger kata rafting di Citarik, saya ngebayanginnya agak berlebihan. Sekali jatoh, langsung keseret air sungai dan sayonara! Tapiiii katanya level rafting di sungai Brantas agak di bawah level Citarik kok, soalnya arusnya lebih tenang. Yuk mari dicoba.

Tips buat yang mau rafting pertama kali kayak saya, jangan pake sendal jepit apalagi sepatu. Sepatu dan kaus kaki hanya akan menyulitkan pergerakan karena berat dan basah. Mendingan pake sepatu sandal ala Crocs. Soalnya, kita dikhawatirkan akan jatuh dari perahu. Nah berabe kan kalo sendal anyut. Karena saya udah terlanjur pake sendal jepit, makanya langsung diiketin di pelampung yang nempel di badan. Kedua, jangan pake jins. Berat lho kalo basah. Mendingan pake celana training panjang, karena kalau pake celana pendek jadinya kedinginan kayak saya :D 

Sebelum rafting, kita di brief dulu sama lifeguardnya. Satu perahu buat 4-6 orang plus satu pendayung. Karena waktu itu lagi rame banget sama anak Unbraw, jadinya dayungnya abis deh. Yaudah enak dong nggak usah dayung (demikian pikiran perempuan males).  Dan.. off we go to the river! Jauuuh dari bayangan saya tentang arus sungai yang super deras, sungai Brantas tuh ayem. Tapi tetep ajaaaa seru! Karena berbatu-batu, tentu aja perjalanan perahu jadi meliuk-liuk dan turunannya itu sih yaaa.. serasa turun di air terjun mini! Bikin kaki gemeteraaann.. Yak DAN AKHIRNYA KITA JATOH SODARA-SODARA! Eh bukan kita deng, Mono doang yang nasibnya emang kudu nyemplung ke aer kali. Haha.. Tapi doi mah demen, sekali jatoh begitu dia langsung ribuuuut aja pengen ngebalikin perahu! Di saat udah sampe ujung, akhirnya saya rela deh ditebalikin. Terlanjur basah yah sudah mandi sekali...
Serius bener bang..


Ketauan banget histerisnya ya -_-"

Yuhuuuiiiii...


Oiya tips ketiga, bawalah baju ganti ya. Baju ganti dalam artian sampe CD, BH dan sampo sabun sekalian. Karena udah pasti basah, dan ada sesi perang-perangan antar sesama perahu -__-“ Jadinya itu basah sampe ke dalem-dalem bro and sis... Dan ketika balik ke markas rafting, ada kamar mandinya kok.

Secara keseluruhan sesi rafting di Kaliwatu ini sekitar 1 ½ jam. Puas banget dong ya kalo dibandingin sama arung jeramnya Dufan. Biayanya satu orang 110 ribu, udah termasuk makan siang habis rafting. Nggak rugi kan?

1 comment:

  1. Wih bagus neh Jambuluwuk, harus dicoba bulan depan he3
    Btw saya juga mau rafting sama Kaliwatu, makasih reviewnya Mbak.

    ReplyDelete